Kuliner Bandung

Beragam Restoran dan Kuliner Khas Kota Bandung yang Paling Populer

Kuliner Bandung memang sangat menggoda dan sudah terkenal bagi wisatawan. Mulai dari restoran, makanan khas, hingga jajanan dan oleh-olehnya, Bandung memilki cia rasa khas.

Anda mungkin akan bingung mencari tempat makan mana saja yang patut dikunjungi ketika ada di kota ini. Maka dari itulah, berikut ini ada berbagai rekomendasi terbaik untuk memuaskan keinginan mencicipi kuliner terbaik di Bandung.

 

Restoran Populer dengan Sajian Kuliner Bandung

Deretan restoran ini menyajikan kuliner Bandung yang sangat khas. Lokasinya juga dekat dengan tempat wisata sehingga lebih mudah dijangkau. Berikut ini beberapa nama restoran terkenal dengan makanan khasnya:

  • Paskal Food Market

Lokasinya dekat Stasiun Bandung. Inilah kumpulan rumah makan dan penjual makanan khas Bandung yang populer. Ada lebih dari 100 penjual makanan,yang menjajakan dagangan mereka.

Jangan sampai bingung memilih makanan yang ingin dibeli. Karena ada banyak sekali pilihan yang beragam. Nuansa Bandung yang dingin akan mampu diimbangi dengan kuliner yang nikmat dan juga menggugah selera di pasar ini.

  • Rumah Sosis

Banyak yang sudah mengenal kuliner Bandung yang satu ini. Konsep yang diusung manajemen restoran inilah rumah makan sekaligus tempat bermain. Bagi yang liburan bersama keluarga tercinta, sangat cocok untuk memilihnya sebagai lokasi wisata idaman.

Lokasi Rumah Sosis ada di jalan Setiabudi. Seperti namanya, sosis menjadi menu utama di rumah makan ini. Namun jika ingin mencicipi menu lain, di sini juga bisa ditemukan.

  • Kampung Daun

Makan santapan lezat ditemani naunsa yang sejuk makin menggugah selera makan pastinya. Di Kampung Daun, Anda bisa menikmati berbagai sajian kuliner Bandung lengkap dengan nuansa tradisionalnya.

Bagi yang ingin makan malam romantis pun, Kampung daun bisa direkomendasikan. Rasa masakan yang dipadukan dengan nuanasa restoran menjadi paduan yang pas untuk dijadikan singgahan ketika di Bandung.

Lokasinya ada di Jalan Sersan Bajuri. Jika melintas dan kebetulan ada di lokasi wisata sekitarnya, wajib mampir ke sini.

  • Nasi Kalong

Nasi Kalong hanya buka saat malam saja, yaitu pada pukul 7 malam. Makanya rumah makan ini dinamakan Kalong. Inilah tempat unik dan juga recommended bagi warga Bandung atau wisatawan yang berburu kuliner di malam hari.

Menu nasi hitam menjadi sajian paling populer dan banyak dipesan. Tentunya lengkap dengan aneka lauk yang tersaji dalam banyak pilihan. Tahu gorang, ayam goreng, hingga sajian dengan cita rasa Sunda tersaji di sini.

  • Roemah Nenek Resto Café

Kuliner Bandung yang satu ini memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Dan menjadi tempat wajib dikunjungi ketika di Bandung.

Lokasinya ada di Jalan Taman Cibeunying Selatan Nomor 47, merupakan rumah makan berkonsep kafe  dengan menu andalan ayam taragon, nasi jamur, dan pizza. Anak muda yang melancong ke kota ini tentu ingin mampir ke restoran yang satu ini.

  • Nasi Bancakan

Rumah makan ini sangat “Sunda” sekali. Mulai dari menu makanan hingga desain restorannya, semua menyajikan ciri khas Sunda. Inilah rumah makan yang cocok sebagai singgahan kala berlibur bersama keluarga tercinta.

 

Oleh-oleh Khas Bandung Kekinian

Berburu oleh-oleh kuliner Bandung adalah suatu kewajiban ketika datang ke kota bersuhu sejuk ini. Tidak harus mahal, oleh-oleh berupa makanan bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Lihat lebih banyak jenis oleh-oleh yang sangat khas kota Bandung yang kekinian ini:

  • Pisang Bollen Kartika Sari Bandung

Kartika Sari sudah dikenal para pelancong yang melintas Bandung. Bahkan sudah jadi langganan bagi turis untuk singgah ke sini. Lokasinya ada di Jalan H. Akbar nomor 4, Kebon Kawun.

Sudah sejak tahun 1970 an  oleh-oleh ini mulai dibuat dan diminati oleh wisatawan. Bisa pula dikatakan bahwa Kartika Sari merupakan pelopor oleh-oleh pisang Bollen Bandung. Meskipun cabangnya adai di beberapa kota, namun cita rasanya tak senikmat jika beli di kota kelahirannya, di Bandung.

  • Surabi Bandung

Makanan manis memang menjadi favorit banyak orang. Surabi ini memiliki cita rasa manis dengan berbagai cita rasa mulai dari keju hingga cokelat. Di Bandung, Surabi adalah makanan tardisional. Harga tidak mahal, dan rasanya nikmat.

  • Peuyeum Bandung

Siapa yang tak kenal kuliner Bandung yang satu ini? Berbahan dasar singkong yang sudah difermentasi, makanan ini bisa awet dan tahan lama. Rasanya yang manis membuat siapa saja ketagihan.

Saking popoulernya makanan ini, tak sulit untuk menemukan peuyeum Bandung. Si semua toko oleh-oleh hingga kios-kios banyak yang menjajakannya. Setelah makan peuyeum, ada efek menghangatkan tubuh, jadi cocok sekali dijadikan kuliner di Bandung yang dingin.

  • Oncom

Oncom identik dengan Bandung. Produk makanan berbahan kacang yang sudah difermentasikan. Kalau pulang dari wisata Bandung jangan lupa bawa oleh-oleh ini untuk dibagikan ke teman dan sanak saudara.

Berbagai toko oleh-oleh menyediakan makanan khas ini. Jadi, tak sulit untuk menemukannya. Jika mau yang lebih bervariasi, Anda bisa membeli oncom goreng yang manis dan nikmat. Harganya pun tidak mahal sama sekali.

  • Tahu Bandung

Pergi ke Bandung belum lengkap kalau belum mencicipi tahu Bandung. Cita rasanya tak kalah dengan tahu Sumedang. Teksturnya lembut dan rasanya gurih selalu membuat ketagihan. Beragam toko oleh-oleh menyediakan jenis tahu yang satu ini.

Salah satunya adalah Tahu Susu Lembang yang ada di Jl. Raya Lembang No. 117. Selain  toko oleh-oleh ini, ada pula beragam toko oleh-oleh lain yang juga menyajikan kuliner Bandung yang kaya protein ini.

  • Rujak cireng

Makanan khas Bandung ada banyak sekali. Anda tentu tak akan melewatkan makanan bernama rujak cireng ini. Bahan dasarnya ialah aci yang digoreng. Dengan saus yang pedas, makanan ini bisa jadi cemilan yang nikmat, cocok disantap saat cuaca dingin.

Meksipun Anda bisa menemukan cireng dikota Anda sendiri, namun cita rasa cireng asli Bandung tak akan pernah tergantikan. Apalagi jika dimakan dalam kondisi hangat.

  • Batagor

Inilah jenis makann lain yang lezat disantap saat hangat. Namanya batagor yang digoreng garis dan dimakan dengan saos pedas maupun saos kacang.

Jika pulang dari berwisata di Bandung, jangan lupa bawa oleh-oleh yang satu ini. Anda bisa membeli dalam kondisi mentah dan bisa digoreng sendiri di rumah. Beberapa toko oleh-oleh yang direkomendasikan ialah Batargor Riri dan juga Batagor Burangrang.

  • Martabak Bandung

Ini dia yang paling digemari. Namanya martabak. Kuliner ini memang ada dimana-mana. Setiap kota ada saja yang menjual martabak. Namun yang paling khas adalah martabak Bandung.

Baik itu martabak manis maupun martabak telur bisa jadi oleh-oleh untuk orang tercinta di rumah. Beberapa tempat rekomendasi untuk membelinya ialah Martabak San Fransisco, Martabak Intisari, dan Martabak Andir.

Itulah beberapa kuliner Bandung yang populer dan kekinian saat ini. Sebelum pulang, sempatkan mencari toko oleh-oleh tedekat untuk membeli oleh-oleh ini.

Hubungi Kami Klik Disini
Email
Whatsapp

43-7185-1750

A/N  ASEP SUTISNA
* Transfer hanya ke nomor rekening diatas
close-link